Monday 1 August 2016

Fisika- Listrik Dinamis



Listrik Dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir atau sering disebut arus listrik. Arus ini dibagi menajdi 2 yaitu, DC dan AC sedangkan jumlah arus listrik yang mengalir dalam waktu tertentu dengan kuat arus listrik. 


Rumus KUAT ARUS LISTRIK (I) 
                    I=Q/t

I= kuat arus listrik (A)
Q = muatan (colomb)
t = waktu (s)


Rumus HAAMBATAN LISTRIK (R)
                  R = ρ . l / A
R= hamabatan listrik (ohm)
ρ= hambatan jenis 
I=kuat arus (A)
A=luas penampang kawat

Rumus hukum ohm:

Hukum ohm adalah hukum yang menghubungkan antara kuat arus listrik, beda potensial, dan hambatan. 

I = V / R atau R = V / I, atau V = I . R
Rangkaian Seri
Rangkaian seri adalah suatu rangkaian yang semua bagian-bagiannya dihubungkan berurutan, sehingga setiap bagian dialiri oleh arus listrik yang sama.Kuat arus yang mengalir selalu sama di setiap titik sepanjang rangkaian. Hambatan yang dirangkai secara seri akan semakin besar nilai hambatannya. Jika satu lampu mati, maka lampu lain juga akan mati.


Rangkaian Paralel
Rangkaian paralel adalah sebagai rangkaian listrik yang semua bagian-bagiannya dihubungkan secara bersusun atau bercabang.masing-masing komponen itu memiliki cabang dan arus tersendiri. Arus tersebut mengaliri semua komponen listrik yang terpasang secara bersamaan. Pada rangkaian paralel arus yang mengalir pada setiap cabang berbeda besarnya. Semua komponen mendapat tegangan yang sama besar. Sedangkan, hambatan totalnya menjadi lebin kecil dari hambatan tiap-tiap komponen listriknya.




Contoh Soal 1
Kuat arus di dalam sepotong kawat penghantar adalah 10 A. Berapa menit waktu yang diperlukan oleh muatan sebesar 4.800 coulomb untuk mengalir melalui penampang tersebut?
Jawaban: 8 menit
Diketahui:
I = 10 A
Q = 4.800 coulomb
Ditanyakan:
t...?
Penyelesaian:
I = Q / t
t = Q / I = 4.800 C / 10 A = 480 s atau 8 menit.

Contoh Soal 2
Sepotong kawat dihubungkan pada beda potensial 6 V. Jika kuat arus yang melalui kawat tersebut 2 A, berapakah hambatan kawat tersebut?
Jawaban:3 Ohm
Diketahui:
V = 6 Volt
I = 2 A
Ditanyakatan:
R....?
Penyelesaian:
I = V / R
R = V / I = 6 V / 2 A = 3 Ohm.

No comments:

Post a Comment